Kunjungi=> www.pendidikankudunia.blogspot.com

Namanya "FlashDrive" bukan "FlashDisk" (Kesalahan Umum dalam Penyebutan "FLASH DISK")

Namanya Flashdrive Bukan Flashdisk. Pasti Anda semua sudah tahu apa kegunaan dari benda di bawah ini




Namun, bagaimana Anda menyebut semua benda diatas??

Seringkali kita menyebutnya dengan nama Flashdisk, untuk lebih jelasnya silahkan simak baik-baik penjelasan dibawah ini.



FLASH DISK : Flash + Disk 


Penyebutan 'flash disk' untuk benda kecil diatas tidaklah tepat. Dalam istilah penyimpanan digital, 'flash' memiliki arti sebuah alat penyimpanan data memori kilat yang berbentuk kecil atau mudah dibawa. Sementara itu, 'disk' berarti cakram atau piringan magnetis yang mempunyai fungsi membaca atau menulis data.

Jika dilihat bentuk fisiknya, benda yang sering kita sebut 'flash disk' tidaklah memiliki cakram. Itu artinya, segala perangkat yang menggandeng kata 'disk' harus memiliki cakram atau piringan magnetis, seperti hard disk, zip diskfloopy disk, atau compact disk (CD).


                                                         Hard Disk




                                       Zip Disk





                                                 Floppy Disk



      Compact Disk (CD)



Nama benda pada gambar paling atas sebenarnya adalah Flash drive, ya Flash Drive.

USB flash drive adalah alat penyimpanan data memori kilat tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Penggerak kilat ini biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah. Per November 2006, kapasitas yang tersedia untuk penggerak kilat USB ada dari 64 megabita sampai 512 gigabita. Besarnya kapasitas media ini tergantung dari teknologi memori kilat yang digunakan.

Penggerak kilat USB memiliki banyak kelebihan dibandingkan alat penyimpanan data lainnya, khususnya cakram flopi atau cakram padat. Alat ini lebih cepat, kecil, dengan kapasitas lebih besar, serta lebih dapat diandalkan (karena tidak memiliki bagian yang bergerak) daripada disket.

USB Flash Drive memiliki umur penyimpanan data yang singkat, biasanya ketahanan data pada Penggerak kilat USB rata-rata 5 tahun. Ini disebabkan oleh memori kilat yang digunakan tidak bertahan lama. Bandingkan dengan cakram keras yang memiliki ketahanan data hingga 12 tahun, CD/DVD berkualitas (dan bermerek terkenal) selama 15 tahun jika cara penyimpanannya benar.
(wikipedia)


Ga ada "DISK" nya kan?
adalah sebuah kesalahan saat menyebutkan benda ini sebagai "Flash Disk"


Jika agan-agan perhatikan, saat mengetik "Flash Disk" di mesin pencari (ex Google), maka sebagian besar yang keluar adalah halaman berbahasa Indonesia. Sedangkan jika mengetik "Flash Drive", maka yang keluar adalah halaman-halaman resmi internasional

kayanya cuma Indonesia yang menyebut benda ini sebagai FLASH DISK


Sekian posting mengenai FLASHDRIVE, semoga bermanfaat.
Jangan lupa untuk share artikel ini (cantumkan sumbernya) agar lebih bermanfaat, Terimakasih


*Diolah dari berbagai sumber

Ditulis Oleh : Teguh ~ Satores

Christian angkouw Sobat sedang membaca artikel tentang Namanya "FlashDrive" bukan "FlashDisk" (Kesalahan Umum dalam Penyebutan "FLASH DISK") . Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih...

:: Get this widget ! ::

0 Response to "Namanya "FlashDrive" bukan "FlashDisk" (Kesalahan Umum dalam Penyebutan "FLASH DISK")"

Post a Comment

- Silahkan berkomentar sesuai tema
- Gunakanlah kata-kata yang baik dalam berkomentar (no iklan, no porn, no spam)
- Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukkan ke folder SPAM
- Kritik dan saran sangat dianjurkan agar blog ini menjadi lebih baik
Terima Kasih.

TerimaKasih Sudah Berkunjung