Kunjungi=> www.pendidikankudunia.blogspot.com

6 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Antri di SPBU untuk Kendaraan Roda Dua


14303201451723692830

Ini mungkin hal yang sepele, tapi beberapa kali nyaris membuat kita terlambat sampai di tujuan gara-gara ini.

Ini salah satu penyebabnya :

1. Tidak menyiapkan uang untuk membayar

Jika sudah tau akan berbelok membeli bensin, sebaiknya siapkan uang. Letakkan rupiah di tempat yang mudah dijangkau dan gampang ditemukan. Jangan baru ribet mencari-cari lembaran uang saat moncong pengisi bahan bakar sudah ditarik dari lubang tangki kendaraan. 
Jika harus berbelok ke SPBU tanpa direncanakan (hanya karena kaget melihat jarum meteran), sebaiknya begitu motor berhenti dan masuk dalam antrian bisa menyiapkan uangnya lebih dulu. Jangan menunggu sampai bensin terisi penuh baru mencari-cari. Anda berpotensi mengakibatkan orang lain mengomel karena jengkel harus lama menunggu.

2. Tidak segera mendorong motor setelah diisi bahan bakar

Jangan memikirkan diri sendiri. Pikirkan kepentingan orang lain juga. Dorong motor anda segera setelah diisi bahan bakarnya. Tutup tangki, rapikan jaket, dompet, dan lain-lain sedikit maju ke depan sehingga orang yang di belakang bisa langsung dilayani oleh petugas. Semakin panjang antrian semakin meresahkan. Anda potensial menyebabkan detak jantung orang bertambah kencang gara-gara terancam terlambat masuk kerja atau sekolah, misalnya.

3. Memotong antrian

Jelas ini seperti tak berbudaya. Dimana-mana area musti ada pengertian dari para pengguna untuk tetap berada pada lajur antrian yang semestinya. Jangan mempermalukan diri sendiri. Jangan memotong antrian supaya diri sendiri mendapat layanan lebih dulu dari yang lain lagi. Lha kalo datangnya saya dulu, ya situ musti antri gitu.

4. Tidak perlu mengguncang-guncang kendaraan, biarkan bahan bakar menemukan jalannya sendiri

Ini yang bikin lama. Bukannya mempersiapkan uang malah sibuk mengguncang-guncang kendaraan. Mohon diingat, yang diisikan dalam tangki kita bukan beras, tepung, atau benda padat. Yang namanya benda cair dimana-mana akan menemukan jalannya sendiri menuju ke tempat yang lebih rendah. 
Zat cair akan mencari jalannya sendiri untuk memenuhi ruang yang ada. Udah kayak jodoh aja dia. Jadi tidak perlu khawatir. Yang perlu dikhawatirkan justru saat anda repot mengguncang kendaraan dan lupa mempersiapkan uang untuk membayar. Malah kelamaan kita yang nungu di belakang.

5. Tak semua orang sama kondisinya

Di tempat-tempat umum seperti SPBU akan sangat wajar dipenuhi oleh orang-orang yang datang dari berbagai bagian dan memiliki banyak kepentingan. Ada yang datang dengan terburu-buru karena akan mengantar putrinya ke rumah sakit, ada yang tergopoh-gopoh mau masuk kerja/sekolah tapi bangun kesiangan sedang bensin tinggal segaris saja, dan lain sebagainya. 
Pembeli adalah raja, memang itu hukumnya, tapi kalo bisa jadi raja yang bijaksana, kenapa nggak milih jadi yang itu saja? Intinya, pahami kebutuhan orang lain juga. Semakin cepat terlayani semakin baik kan ya.

6. Mengantri pada tempatnya

Di kebanyakan stasiun pengisian bahan bakar, setiap model kendaraan bermotor sudah ada bagian antriannya sendiri-sendiri. Motor ya motor, mobil ya mobil, kecuali di pom kecil yang terbatas pembagian antriannya dan harus dijadikan satu antara roda empat dan roda dua.

Pernah satu kali saya melihat orang lain dipelototi banyak pengendara motor gara-gara langsung masuk ke area pengisian bahan bakar untuk mobil. Lah, tidak sepenuhnya salah dia juga karena di antrian pengisian bahan bakar motor tidak menyediakan jenis bahan bakar Pertamax. Petugas yang mengarahkan agar dia mengantri di jalur roda empat (beda kasus ya).

Pernah juga sesekali saya harus bersitegang dengan petugas pom gara-gara mendahulukan mobil yang akan mengisi pertamax di jalur kendaraan bermotor. Wong yang nyampe duluan depan hidung mbaknya itu saya kok malah mau melayani mobil lebih dulu. Hanya karena mobil membeli dalam jumlah lebih banyak ketimbang saya? Waduh, nggak bener ini ya. Balik lagi poin soal antri mengantri, harus berbudaya.

Semoa bermanfaat .


sumber: kompas

Ditulis Oleh : Teguh ~ Satores

Christian angkouw Sobat sedang membaca artikel tentang 6 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Antri di SPBU untuk Kendaraan Roda Dua . Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih...

:: Get this widget ! ::

0 Response to "6 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Antri di SPBU untuk Kendaraan Roda Dua "

Post a Comment

- Silahkan berkomentar sesuai tema
- Gunakanlah kata-kata yang baik dalam berkomentar (no iklan, no porn, no spam)
- Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukkan ke folder SPAM
- Kritik dan saran sangat dianjurkan agar blog ini menjadi lebih baik
Terima Kasih.

TerimaKasih Sudah Berkunjung