Kunjungi=> www.pendidikankudunia.blogspot.com

Makalah Sistem Informasi, Komunikasi dan Transportasi Lengkap

a. Pengertian  Sistem Informasi dan Komunikasi
                informasi adalah data yang telah di olah sehingga mempunyai arti dan nilai.  Sistem berarti perangkat unsur yang secara teratur saling berkaitan sehingga membentuk suatu totalitas. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, informasi berarti penerangan,keterangan, pemberitahuan, kabar atau berita. Pengertian komunikasi adalah membagi informasi, memberitahu, memindahkan atau bentukan pikiran baik secara lisan maupun tulisan. Definisilain menyebutkat kan komunikasi adalah suatu transformasi informasi antar orang atau kelompok atau lembaga dalam bentuk penyebaran berita melalui lisan,tulisan, suara, gambar maupun lambang tertentu. Komunikasi massa adalah penyebaran informasi atau komunikasi yang membawa pesan untuk orangbanyak, Misalnya koran, televisi, majalah, radio sebagai pemberi informasi(sender) dan masyarakat sebagai penerima informasi (receiver).
                Sifat komunikasi terbagi menjadi dua macam, yaitu komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal. Berikut tujuan pembangunan informasi, komunikasi, dan transportasi.
                1). Memperlancar penyebaranluasan informasi pembangunan dan hasilnya.
                2). Memperlancar perniagaan dari daerah satu ke daerah lain
                3). Mempercepat kegiatan siaran.

                b. Perkembangan Sistem Informasi dan Komunikasi
           Perkembangan sistem informasi dalam kehidupan manusia seiring dengan peradaban manusia itu sendiri sampai akhirnya mengenal istilah Teknologi Informasi (IT/Information Technology). Dimulai dari bentuk gambar yang tak bermakna pada dinding-dinding, prasasti-prasasti,  sampai informasi yang kemudian dikenal dengan nama internet. Informasi yang dikekola dan disampaikan juga terus dikembangkan, dari informasi yang sederhana seperti sekedar  menggambarkan suatu keadaan, sampai pada informasi strategis seperti taktik bertempur.

Meperhatikan perkembangan informasi tersebut, kita akan mempelajari secara singkat sejarah teknologi infomasi dalam upaya untuk mendapatkan keutuhan ilmu dan pengetahuan tentang teknologi informasi. Sejarah teknologi dapat kita bagi ke dalam masa pra-sejarah, masa sejarah, dan masa modern.
Teknologi informasi merupakan gabungan antara teknologi perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software).  Pengembangan teknologi hardware cenderung menuju ukuran yang kecil dengan  kemampuan rerta kapasitas yang tinggi. Namun diupayakan harga yang relatif  semakin murah. Perkembangan teknologi informasi dapat meningkatkan kinerja dan memungkinkan berbagai kegiatan dapat dilaksanakan dengan cepat, tepat dan akurat sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja. Perkembangan teknologi informasi telah memunculkan berbagai jenis kegiatan yang berbasis pada teknologi, seperti : e-government, e- commerce, e-education, e-medicine, e-laboratory, dan lainnya, yang kesemuanya itu berbasiskan elektronika.

Teknologi Informasi 
adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, meliputi : memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dengan berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas. Informasi yang dibutuhkan akan relevan, akurat, dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan. 

Dengan ditunjang teknologi  informasi telekomunikasi data dapat disebar dan diakses secara global. Peran yang dapat diberikan oleh aplikasi teknologi informasi ini adalah mendapatkan informasi untuk kehidupan pribadi seperti informasi tentang kesehatan, hobi, rekreasi, dan rohani. Kemudian untuk profesi seperti sains, teknologi, perdagangan, berita bisnis, dan asosiasi profesi. Sarana kerjasama antara pribadi atau kelompok yang satu dengan pribadi atau kelompok yang lainnya tanpa mengenal batas jarak dan waktu, negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor lainnya yang dapat menghambat bertukar pikiran. Perkembangan teknologi  informasi memacu suatu cara baru dalam kehidupan, dari kehidupan itu dimulai sampai dengan berakhir, kehidupan seperti ini dikenal dengan e- life, artinya kehidupan ini sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara elektronik. Sehingga sekarang sedang semarak dengan berbagai terminologi yang dimulai dengan awalan e seperti e-commerce, e-government, e-education, e-library, e-journal, e-medicine, e-laboratory, e-biodiversitiy, dan yang lainnya lagi yang berbasis elektronika.

Ekonomi global juga mengikuti evoluasi dari agraris dengan ciri utama tanah merupakan faktor produksi yang paling dominan. Melalui penemuan mesin uap, ekonomi global ber-evolusi ke arah ekonomi industri dengan ciri utama modal sebagai faktor produksi yang paling penting. Abad sekarang, cenderung manusia menduduki tempat sentral dalam proses produksi berdasar pada pengetahuan (knowledge based) dan berfokus pada informasi (information focused). Telekomunikasi dan informatika memegang peranan sebagai teknologi  kunci (enabler technology). Perkembangan teknologi  informasi yang begitu pesat, memungkinkan diterapkannya cara-cara yang lebih efisien untuk produksi, distribusi, dan konsumsi barang dan jasa. Proses inilah yang membawa manusia ke dalam masyarakat atau ekonomi informasi sering disebut sebagai masyarakat pasca industri. Pada era informasi ini, jarak fisik atau jarak geografis tidak lagi menjadi faktor penentu dalam hubungan antar manusia atau antar lembaga usaha, sehingga dunia ini menjadi suatu kampung global atau Global Village.


           c. Sistem Komunikasi Satelit Domestik (SKSD) Palapa

                Palapa ialah nama bagi sejumlah satelit telekomunikasi geostasioner Indonesia. Nama ini diambil dari "Sumpah Palapa", yang pernah dicetuskan olehPatih Gajah Mada dari Majapahit pada tahun 1334.
Satelit pertama diluncurkan pada tanggal 8 Juli 1976 oleh roket Amerika Serikat dan dilepas di atas Samudera Hindia pada 83° BT. Satelit pertama dari 2 satelit itu bertipe HS-333 dan bermassa 574 kg.
Kemudian 4 satelit dari seri kedua dibuat, yang kesemuanya dari tipe Hughes HS-376. Ketika peluncuran Palapa B2 gagal, satelit ke-3 diatur. Awalnya bernama Palapa B3 dan dijadwalkan untuk STS-61-H, akhirnya diluncurkan sebagai Palapa B2P. Sementara itu Palapa B2 diperbaiki kembali oleh STS-51-A, diperbaharui dan diluncurkan lagi sebagai Palapa B2R.
Palapa D dipesan[1] pada tanggal 29 Juni 2007 oleh perusahaan Indonesia PT Indosat Tbk, kepada Thales Alenia Space. Itu adalah Spacebus 4000B3 yang akan dibuat di Pusat Luar Angkasa Cannes Mandelieu.
                SKSD Palapa adalah sistem satelit komunikasi yang dikendalikan oleh sistem satelit komunikasi pengendali bumi yang dibuat oleh HAC (Hughes Aircraft Company) Perumtel Indonesia. Nama palapa diambil dari sumpah Gajah Mada yang akan mempersatukan Nusantara.
SKSD Palapa dibangun tahun 1974–1976 dengan peluncuran generasi 1-A1. Sampai tahun 1996 sudah generasi 3 dengan code C2 yang jarak jangkauannya dari Irian sampai Vladivostok (Rusia), dari Australia sampai Selandia Baru. Juga dipakai oleh negara-negara tetangga, Australia, Papua Nugini, Maca, Selandia Baru, dan Vietnam.
Adapun nama satelit yang telah diluncurkan Indonesia adalah :
Generasi pertama
Palapa A1 : 8 Juni 1976
Palapa A2 : 10 Maret 1977
Generasi kedua
Palapa B1 : 19 Juni 1983
Palapa B2 : 6 Februari 1984 (gagal) digantikan B2P
Palapa B2P : 20 Maret 1987
Palapa B2R : 20 Maret 1990
Palapa 4 : 7 Mei 1992
Generasi ketiga
Palapa C1 : 1 Februari 1996
Palapa C2 : 16 Mei 1996
Sekarang ini kita mengenal satelit komunikasi yang lain, yakni Telkom-1 dan Garuda-1
Fungsi SKSD Palapa adalah sebagai berikut :
a. Hubungan komunikasi antardaerah, antarnegara lebih mudah.
b. Mempererat penyebaran informasi melalui televisi, internet, faksimile.
c. Mempermudah komunikasi telepon SLI, SLJJ, STO (Sentral Telepon Otomat).
d. Sebagai satelit pengulang (repeater).
<$2Fdiv>

Satelit buatan manusia tersebut dapat dikelompokkan sebagai berikut:
1)      Satelit Sumber Daya Alam
2)      Satelit Geodesi
3)      Satelit Navigasi
4)      Satelit Meteorologi
5)      Satelit Militer
6)      Satelit Komunikasi

Satelit satelit buatan tersebut sangat bermanfaat bagi manusia, manfaat tersebut antara lain sebagai berikut.
1)      Mengembangakan industri antariksa untuk memdesain dan membuat perlengkapan ruang abngkasa.
2)      Mempermudah dalam menerima pesan mengenai citra cuaca, dengan fota-foto yang dibuat oleh satelit palapa.
3)      Memancarkan siaran televisi ke seluruh dunia.

http://www.scribd.com/doc/36568889/Sejarah-XII-IPA-BSE

Ditulis Oleh : Teguh ~ Satores

Christian angkouw Sobat sedang membaca artikel tentang Makalah Sistem Informasi, Komunikasi dan Transportasi Lengkap . Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih...

:: Get this widget ! ::

0 Response to "Makalah Sistem Informasi, Komunikasi dan Transportasi Lengkap"

Post a Comment

- Silahkan berkomentar sesuai tema
- Gunakanlah kata-kata yang baik dalam berkomentar (no iklan, no porn, no spam)
- Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukkan ke folder SPAM
- Kritik dan saran sangat dianjurkan agar blog ini menjadi lebih baik
Terima Kasih.

TerimaKasih Sudah Berkunjung